Mengenal Lebih Dekat Burung Parkit

Burung Parkit Merupakan burung yang berasal dari keluarga Psittacidae atau parrot (burung nuri) yang dikenal sebagai burung peliharaan.

Di dalam istilah internasional burung ini dikenal dengan nama budgerigar atau parakeet. Namun istilah yang lebih sering digunakan adalah budgie (kependekan dari budgerigar).

Kata Budgerigar sendiri berasal dari bahasa Aborigin “betcherrygah” yang berarti “enak dimakan”. Mungkin pemberian nama ini dikarenakan pada jaman dulu suku Aborigin suka makan daging burung parkit.

Burung parkit merupakan binatang asli Australia yang ditemukan hidup dalam kelompok besar di alam liar bahkan bisa mencapai ribuan ekor dalam satu kelompok.

Burung parkit biasanya hidup di hutan belukar terbuka ataupun gurun. Burung parkit liar merupakan hewan nomaden jadi pergerakan hidup mereka sangat tergantung dari pasokan makanan dan air. biasanya membangun sarang mereka dengan bersarang pada lubang pohon.

Burung parkit dikenal sangat setia terhadap pasangannya hal ini bisa ditunjukkan dengan sikap setia dari burung parkit jantan pada saat menunggu sang betina bertelur.

Walaupun burung parkit bisa dijinakkan namun burung parkit juga tidak berbeda jauh dengan burung lain yang cenderung memiliki temperamen liar.

Pemberian kasih sayang harus terus dilakukan pada burung parkit yang sudah berhasil dijinakkan bisa dengan memberi makanan secara langsung dari tangan.

Jika tidak maka dikhawatirkan sifat liarnya akan berubah menjadi liar kembali jika kita biarkan mereka makan di wadah pakan dalam waktu yang agak lama.

Untuk mengatasi burung parkit yang menjadi liar setelah berhasil dijinakkan anda bisa mengumpulkan burung parkit tersebut dengan burung parkit yang jinak.

Pada umumnya burung yang berubah menjadi liar kembali ini akan menjadi lebih tenang dan akan beradaptasi dengan burung parkit lain yang jinak. Jenis burung yang memiliki paruh bengkok ini merupakan jenis burung yang hidup secara berkoloni sehingga akan mudah membaur dengan burung sejenis.

Reproduksi

Parkit betina rata-rata bertelur sebanyak lima butir. Telur memerlukan waktu sekitar 18 sampai 20 hari untuk menetas. Parkit dapat hidup 10 tahun atau lebih, bahkan dalam beberapa kasus yang jarang, parkit dapat hidup hingga 30 tahun. Makanan utama Parkit terdiri dari biji-bijian dan buah-buahan. Di alam liar, Burung ini membuat sarang di semak-semak atau di pohon.

Leave a Comment

(0 Comments)

Your email address will not be published. Required fields are marked *