Mengenal Parkit Rosella

Parkit rosella (Platycercus eximius) merupakan salah satu burung impor yang sangat digemari karena memiliki rupa yang cantik, bulu berwarna-warni, dan pintar bersiul. Burung asli Australia ini memiliki nama resmi eastern rosella, namun sering dijuluki sebagai rosella parakeet atau parkit rosella.

Parkit rosella merupakan salah satu dari enam spesies burung dari genus Platycercus, yang memiliki wilayah persebaran hanya di Australia dan pulau-pulau di sekitarnya. Enam spesies tersebut adalah:

  1. Northern rosella (Platycercus venustus)
  2. Eastern rosella (Platycercus eximius)
  3. Western rosella (Platycercus icterotis)
  4. Crimson rosella (Platycercus elegans)
  5. Pale-headed rosella (Platycercus adscitus)
  6. Green rosella (Platycercus caledonicus)

Dari enam spesies tersebut, eastern rosella atau parkit rosella memang paling popular sebagai burung peliharaan dan penangkaran. Bahkan sejak tahun 1863, burung ini telah diintroduksi di Spanyol dan berhasil dikembangbiakkan di sana.

Burung betina memiliki penampilan seperti burung jantan, namun warna merah di bagian kepala dan dadanya lebih kusam (kurang cerah). Selain itu, pangkal paruhnya lebih kecil daripada burung jantan.

Parkit rosella dikenal sebagai burung yang mudah jinak. Karena sifat inilah, parkit rosella mudah untuk dikembangbiakkan, baik dalam penangkaran biasa maupun dikawinsilangkan dengan spesies burung rosella lainnya.

Selain itu, perawatannya pun relatif mudah, dan tidak jauh berbeda dari perawatan burung paruh bengkok lainnya

Selain memiliki bulu berwarna-warni, parkit rosella memiliki kemampuan menirukan suara-suara yang dilatihkan kepadanya. Meski memiliki kemampuan ngoceh, karakter suara parkit rosella cenderung lebih mirip burung cockatiel / falk, yang lebih banyak bersiul daripada berbicara seperti halnya nuri atau kakatua.

Suara panggilannya merupakan suara khas burung paruh bengkok, namun suara kicauannya sangat mirip dengan suara burung parkit. Karena itu, jika ingin burung ini bersuara dengan lebih bervariasi, Anda harus melatihnya terlebih dulu.

Leave a Comment

(0 Comments)

Your email address will not be published. Required fields are marked *