Mengenal Burung African Grey (Afgrey)

Nuri abu-abu afrika atau African Grey Parrot (Psittacus erithacus), beberapa ahli burung menganggap nuri abu-abu afrika sebagai spesies paling cerdas di antara keluarga burung paruh bengkok lainnya. 

Burung nuri abu-abu terdiri atas dua subspesies, yaitu :

  1. Congo African Grey Parrot (Psittacus erithacus erithacus)

Kongo adalah burung besar dengan warna lebih terang dengan paruh hitam dan merah ekor. Rata-rata berat sekitar 400-650 gram dan sekitar 12-14 inci panjang dari ekor ke paruh.

  • Timneh African Grey Parrot (Psittacus erithacus timneh)

Timneh adalah burung kecil dan warna lebih gelap dengan paruh hitam dan ekor merah marun. Berat antara 275 dan 400 gram dan ukuran sekitar 9 sampai 11 inci dari ekor ke paruh.

Ada beberapa jenis burung yang mampu menirukan suara manusia, mahluk lain, atau suara lain. Selain karena faktor alamiah/genetika, juga karena binatang tersebut terlatih mengulangi kata atau suara yang sering mereka dengar.

Salah satunya adalah Nuri abu-abu afrika atau (African Grey, Psittacus eritacus). Burung yang berhabitat asli di garis katulistiwa Afrika seperti Angola, Kamerun, Kongo, Pantai Gading, kenya, dan Uganda ini merupakan binatang berstatus EN atau Endangered/Kritis dalam Daftar Merah IUCN.

Selain jadi burung yang pandai bicara, pada umumnya burung African Grey Parrot tergolong hewan penurut. Walaupun habitat aslinya di hutan liar Afrika Tengah dan Barat, Afgrey sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan manusia. Burung mempunyai panjang sekitar 35 cm. 

Sifat dan Karakter:

Burung ini memiliki daya penglihatan yang sangat tajam. Pada umumnya kecerdasan burung ini di atas rata-rata namun sosialisasi dan stimulasi perlu dilakukan setiap hari agar burung tetap jinak.

Kadangkala burung ini mudah bosan sehingga pemiliknya disarankan memberikan beberapa mainan burung di kandang (kayu kayuan untuk digigit ). Burung ini mempunyai sifat kasih sayang yang baik namun kadang sangat berisik dan sering mengeluarkan bunyi. Burung ini mudah dilatih untuk meniru kata manusia dengan mengucapkan 5 sampai 10 kata.

Meski tak semua jenis african grey parrot memiliki kemampuan bicara dengan sangat baik, jika kita rutin mengajarinya dengan kata-kata berulang, maka memori burung akan mencernanya dengan baik.

Ajaklah burung berinteraksi sebanyak mungkin, disertai kalimat-kalimat yang relevan.

Leave a Comment

(0 Comments)

Your email address will not be published. Required fields are marked *